PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA MATERI GEOMETRI DI KELAS IV SDN 1 KARANGPUCUNG

WAHYUNINGSIH, DEVY (2014) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA MATERI GEOMETRI DI KELAS IV SDN 1 KARANGPUCUNG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DEVY W. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEVY W. BAB I.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEVY W. BAB II.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
DEVY W. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DEVY W. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DEVY W. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
DEVY W. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
DEVY W. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh disiplin belajar dan rasa ingin tahu dilaksanakan di SD Negeri 1 Karangpucung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar matematika di kelas IV SD Negeri 1 Karangpucung tahun ajaran 2013/ 2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 1 Karangpucung, dan sampelnya adalah kelas IV SD Negeri 1 Karangpucung yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan postes. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, analisis korelasi dan regresi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan perhitungan rxy = 0,67 dan thitung > ttabel atau 4,860> 1,699 dan dengan persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 29,04 + 0,82 X1. Rasa ingin tahu juga berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan hasil rxy = 0,455 dan thitung> ttabel atau 2,71> 1,699 dan persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ = 38,96 + 0,81 X2. Disiplin menyelesaikan tugas dan rasa ingin tahu jika dilakukan secara bersama-sama juga menunjukkan hasil R = 0,67 dan Fhitung> Ftabel atau 11,40 > 3,34 yang artinya signifikan dengan persamaan regresi linier ganda yang dihasilkan yaitu Ŷ = 33,60 + 0,82 X1– 0,09 X2. Besarnya sumbangan relatif dan sumbangan efektifitas antara disiplin belajar dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar matematika yaitu sumbangan relatif untuk disiplin belajar adalah 96,47 % sedangkan sumbangan relatif untuk rasa ingin tahu adalah 3,52%. Sumbangan efektifitas untuk disiplin belajar adalah 40,75% sedangkan untuk rasa ingin tahu adalah 1,48%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Drs. Karma Iswata Eka, M. Si.,
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; matematika; disiplin menyelesaikan tugas; rasa ingin tahu;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 04 Jan 2018 00:48
Last Modified: 04 Jan 2018 00:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6725

Actions (login required)

View Item View Item