ANALISIS KEMAMPUAN DAN KESULITAN SISWA DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA PENDEK ANAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 1 RAWAHENG

KURNIAWATI, AGUSTINA (2014) ANALISIS KEMAMPUAN DAN KESULITAN SISWA DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA PENDEK ANAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 1 RAWAHENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada Pelajaran Bahasa Indonesia tidak lepas dari pembelajaran sastra, pada pembelajaran berbicara dan membaca metode menceritakan kembali merupakan salah satu cara untuk melihat sejauh mana siswa mampu untuk menceritakan kembali isi cerita. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mendapatkan informasi lebih dalam mengenai kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita pendek anak pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang pencarian datanya dilakukan dengan cara melakukan tes unjuk kerja pada siswa kelas V SDN 1 Rawaheng. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah Validitas Isi dan Reliabilitas. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita pendek pada kelas V pada pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Rawaheng Banyumas berkategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 62,025 yang masuk kategori cukup, karena masih banyak siswa yang belum mampu untuk menceritakan kembali isi cerpen anak serta terdapat beberapa kesulitan dalam menceritakan kembali isi cerpen yaitu kurangnya percaya diri siswa, siswa masih belum dapat memahami dan mengerti isi cerpen dengan baik, siswa masih terpengaruh dengan isi cerita, dan penggunaan bahasa Indonesia yang masih tercampur dengan bahasa ibu serta masih susahnya siswa untuk mengakses buku-buku bacaan yang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Drs. H. Enuh Zainuddin, M.A.,
Uncontrolled Keywords: kemampuan, menceritakan kembali isi cerita, cerpen anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 00:47
Last Modified: 04 Jan 2018 00:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6723

Actions (login required)

View Item View Item