PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VA SD NEGERI MANDIRANCAN

AFIANTI, MEI (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VA SD NEGERI MANDIRANCAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MEI AFIANTI COVER.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MEI AFIANTI BAB I.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MEI AFIANTI BAB II.pdf

Download (902kB) | Preview
[img] Text
MEI AFIANTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
MEI AFIANTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MEI AFIANTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
MEI AFIANTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
MEI AFIANTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri Mandirancan yang berjumlah 32 siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Pengumpulan data hasil belajar ranah afektif dan psikomotor menggunakan lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotor. Pengumpulan hasil belajar siswa aspek kognitif diukur menggunakan soal evaluasi. Adapun hasil pada siklus I menghasilkan data hasil belajar sebagai berikut: ranah kognitif menghasilkan rata-rata 70,47 dengan ketuntasan belajar 78,13%, sedangkan pada ranah afektif menghasilkan nilai rata-rata 2,84 dengan ketuntasan belajar 70,89% dan pada ranah psikomotor menghasilkan rata-rata 3,03 dengan ketuntasan belajar 75,68%. Dan hasil pada siklus II menghasilkan data hasil belajar sebagai berikut: ranah kognitif menghasilkan rata-rata 81,09 dengan ketuntasan belajar 87,5%, sedangkan pada ranah afektif menghasilkan rata-rata 3,44 dengan ketuntasan belajar 86,08%, dan pada ranah psikomotor menghasilkan rata-rata 3,48 dengan ketuntasan belajar 87,01%. Dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VA SD Negeri Mandirancan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar Matematika, Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 03 Jan 2018 06:42
Last Modified: 03 Jan 2018 06:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6712

Actions (login required)

View Item View Item