FITRYANI, DEVITA (2015) PERBEDAAN EMPATI ANTARA PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DENGAN PEREMPUAN DI KELAS XISMA MUHAMMADIYAH PURBALINGGATAHUN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
DEVITA COVER.pdf Download (941kB) | Preview |
|
|
Text
DEVITA BAB I.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
DEVITA BAB II.pdf Download (530kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DEVITA BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
|
![]() |
Text
DEVITA BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
|
![]() |
Text
DEVITA BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
|
Text
DEVITA DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DEVITA LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan empati antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan di kelas XI SMA Muhammadiyah Purbalingga Tahun 2014/2015. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah empati. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah adanya perbedaan empati antara peserta didik laki-laki dan empati peserta didik perempuan. Subjek pada penelitian ini berjumlah 120 peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Purbalingga yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 56 peserta didik laki-laki dan 64 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuesioner dengan instrumen skala empati. Uji validitas isi yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan teknik Alpha Cronbach. Dari hasil uji validitas melalui try out terhadap 30 peserta didik laki-laki diperoleh koefisien validitas yang bergerak dari mulai 0,351 sampai 0,668 dengan standar (Azwar, 2010) sebesar 0,3 dan taraf signifikansi sebesar 5% (0,05). Sedangkan hasil uji reliabilitas skala empati diperoleh nilai sebesar 0,913. Dari hasil try out terhadap 30 peserta didik perempuan diperoleh koefisien validitas yang bergerak dari mulai 0,325 sampai 0,639 dengan standar (Azwar, 2010) sebesar 0,3 dan taraf signifikansi sebesar 5% (0,05). Sedangkan hasil uji reliabilitas skala empati diperoleh nilai sebesar 0,899. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik uji-t diperoleh t hitungsebesar 7,143 dengan nilai probabilitas0,000. Oleh karena itu t tabel dengan df (n-2) sebesar 118 dan menggunakan taraf signifikansi 1% (0,01) yaitu sebesar 2,618,maka t hitung> t tabelyaitu (7,143>2,618) dan nilai probabilitas lebih kecil dari 5% (0,05) yaitu (0,000< 0,01).Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini adalah diterima karena ada perbedaan yang signifikan empati antara peserta didik perempuan dengan peserta didik laki-laki di kelas XI SMA Muhammadiyah Purbalingga tahun 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Tri Na’imah, S.Psi., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Empati; Peserta Didik Laki-Laki; Peserta Didik Perempuan; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Riski Wismana |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 03:39 |
Last Modified: | 08 Feb 2017 03:39 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |