UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS MENULIS KARANGAN DESKRIPSISISWA KELAS V MELALUI MEDIA LINGKUNGAN DI SD NEGERI BANJARSARI KIDUL

YATMIKO, FEBRI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS MENULIS KARANGAN DESKRIPSISISWA KELAS V MELALUI MEDIA LINGKUNGAN DI SD NEGERI BANJARSARI KIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FEBRI YATMIKO COVER.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FEBRI YATMIKO BAB I.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FEBRI YATMIKO BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
FEBRI YATMIKO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
FEBRI YATMIKO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
FEBRI YATMIKO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img]
Preview
Text
FEBRI YATMIKO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Banjarsari Kidul masih memiliki permasalahan terutama pada materi menulis karangan. Diantaranya siswa masih kesulitan mencari ide untuk membuat karangan dan siswa masih menulis dengan huruf kapital dan tanda baca yang salah. Permasalahan kemampuan menulis karangan deskripsi yang rendah dimungkinkan karena kreativitas siswa juga rendah. Rendahnya kreativitas siswa ditunjukkan dengan pengulangan kata-kata dalam satu kalimat. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan kreativitas menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media lingkungan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Banjarsari Kidul berjumlah 22 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur pelaksanaan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan dan kreativitas menulis karangan deskripsi. Kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi, pada siklus I diperoleh rata-rata 59,81 dengan persentase ketuntasan sebesar 57,14%, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 74,05 dengan persentase ketuntasan sebesar 95,00%. Kreativitas siswa dalam menulis karangan deskripsi, pada siklus I diperoleh hasil 259 dengan persentase ketuntasan sebesar 61,67%, sedangkan pada siklus II diperoleh hasil 311 dengan persentase ketuntasan sebesar 77,75%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan media lingkungan dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa kelas V dalam menulis karangan deskripsi di SD Negeri Banjarsari Kidul.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, MA. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: menulis, kreativitas, karangan deskripsi,media lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 03 Jan 2018 05:59
Last Modified: 03 Jan 2018 05:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6704

Actions (login required)

View Item View Item