UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 SUMBANG MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

ROSIANA, FINDI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 SUMBANG MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Findi Rosiana_JUDUL.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Findi Rosiana_BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Findi Rosiana_BAB II.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
Findi Rosiana_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
Findi Rosiana_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
Findi Rosiana_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img]
Preview
Text
Findi Rosiana_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
Findi Rosiana_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kubus dan balok melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sumbang yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 14 siswa putra dan 22 siswa putri. Untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa, dalam penelitian ini digunakan tes yang diberikan setiap akhir siklus. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 60,56 dengan keluntasan klasikal sebesar 61,11%, siklus II sebesar 66,11 dengan ketuntasan klasikal sebesar 66,67% dan siklus III sebesar 80,56 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,67%. Dengan skor rata-rata materi kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu analisis 3,75, sintesis 2,22 dan evaluasi 3,11. Pada siklus II analisis 4,22, sintesis 2,44 dan evaluasi 3,25. Sedangkan pada siklus III, analisis 4,25, sintesis 4,33 dan evaluasi 3,50. Dengan demikian, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd. dan Drs. H. Kusno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pembelajaran, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:44
Last Modified: 03 Jan 2018 03:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6685

Actions (login required)

View Item View Item