PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI URUTAN BILANGAN MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 ASINAN

WULANDARI, RATIH (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI URUTAN BILANGAN MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 ASINAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ratih Wulandari_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ratih Wulandari_BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ratih Wulandari_BAB II.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text
Ratih Wulandari_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
Ratih Wulandari_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
Ratih Wulandari_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
Ratih Wulandari_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
Ratih Wulandari_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Urutan Bilangan Melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Media Kartu Bilangan di Kelas IV SD Negeri 1 Asinan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Asinan, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara pada pelaksanaan pembelajaran matematika adalah tidak adanya motivasi sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi matematika siswa karena diduga dengan adanya metode demonstrasi dengan media kartu bilangan, siswa dapat aktif, mudah memahami materi, meningkatkan minat dan motivasi siswa, serta membuat pelajaran lebih menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode demonstrasi dengan media kartu bilangan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan skor motivasi, skor prestasi, skor aktivitas guru dan aktivitas siswa pada tiap siklus. Rata-rata skor motivasi siswa pada siklus I 3.23 meningkat pada siklus II sebesar 4.53. Prosentase ketuntasan pada siklus I sebesar 72.73% dengan nilai rata-rata 69.7 meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan rata-rata nilai 80,00. Rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I 3.74 dan siklus II 4.47. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I sebesar 3.09 dan siklus II sebesar 4.61.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika, Metode Demonstrasi, Media Kartu Bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:25
Last Modified: 03 Jan 2018 02:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6673

Actions (login required)

View Item View Item