STUDI TENTANG DISIPLIN BELAJAR PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH 2 DESA BENDA KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES

CAHYANINGSIH, DHINI AHADYA (2013) STUDI TENTANG DISIPLIN BELAJAR PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH 2 DESA BENDA KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Dhini Ahadya Cahyaningsih_JUDUL.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dhini Ahadya Cahyaningsih_BAB I.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dhini Ahadya Cahyaningsih_BAB II.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
Dhini Ahadya Cahyaningsih_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
Dhini Ahadya Cahyaningsih_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
Dhini Ahadya Cahyaningsih_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
Dhini Ahadya Cahyaningsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
Dhini Ahadya Cahyaningsih_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar pada santri di Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan subjek santri yang berada di Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes yang berjumlah 160 subjek dengan menggunakan 1 skala yaitu skala disiplin belajar yang terdiri dari 55 aitem, gugur 11 aitem menjadi 44 aitem. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas, koefisien validitas skala disiplin belajar bergerak dari 0,346 sampai 0,506. Hasil uji reliabilitas skala disiplin belajar diperoleh 0,895. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan studi deskrptif kuantitatif dengan tujuan untuk memberikan deskripsi mengenai subyek penelitian berdasarkan data dari variabel yang diperoleh dari subyek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan dari 160 santri yang diteliti memiliki tingkat disiplin belajar yang sedang sebanyak 68 santri (42,50%), yang memiliki tingkat disiplin belajar sangat rendah sebanyak 4 santri (2,50%), yang memiliki tingkat disiplin belajar rendah sebanyak 42 santri (26,25%), yang memiliki tingkat disiplin belajar tinggi sebanyak 38 santri (23,75%), yang memiliki tingkat disiplin sangat tinggi sebanyak 8 santri (5,00%). Meliputi aspek tertib dengan kategori sangat tinggi sebanyak 6 santri (3,75%), tinggi sebanyak 36 santri (22,50%), sedang sebanyak 71 santri (44,38%), rendah sebanyak 44 (27,50%), sangat rendah sebanyak 3 (1,88%). Aspek teratur dengan kategori sangat tinggi sebanyak 2 santri (1,25%), tinggi sebanyak 41 santri (25,63%), sedang sebanyak 75 santri (46,88%), rendah sebanyak 35 santri (21,88%), sangat rendah sebanyak 7 santri (4,38%). Aspek tanggungjawab dengan kategori sangat tinggi sebanyak 7 santri (4,38%), tinggi sebanyak 34 santri (21,25%), sedang sebanyak 72 santri (45,00%), rendah sebanyak 41 santri (25,63%), sangat rendah sebanyak 6 santri (3,75%).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Tri Naimah, S.Psi., M.Si. dan Nur’aeni, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Santri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:10
Last Modified: 03 Jan 2018 02:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6670

Actions (login required)

View Item View Item