UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI 1 KEBUTUHJURANG

ANGGRI PRATIWI,, DESIANA (2013) UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI 1 KEBUTUHJURANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DESIANA ANGGRI PRATIWI.... COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESIANA ANGGRI PRATIWI .... BAB I.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESIANA ANGGRI PRATIWI .... BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
DESIANA ANGGRI PRATIWI .... BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
DESIANA ANGGRI PRATIWI .... BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DESIANA ANGGRI PRATIWI .... BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
DESIANA ANGGRI PRATIWI .... DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
DESIANA ANGGRI PRATIWI .... LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dan sikap semangat kebangsaan siswa kelas V di SD Negeri 1 Kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara. Hal ini menjadi latar belakang peneliti untuk melakukan suatu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa semangat kebangsaan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui m etode pembelajaran Role Playing . Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 K ebutuhjurang yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 22 siswa laki -laki. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus , dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaks anaan, tindakan, dan refleksi. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran yang telah diberikan, diberikan evalua si tertulis yang terdiri dari 5 soal pada setiap akhir pertemuan, sedangkan untuk mengetahui rasa semangat kebangsaan sisw a, seluruh siswa diminta mengisi angket pada setiap akhir siklus. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif . Untuk nilai rasa semangat kebangsaan siswa pad a siklus I yaitu rata -rata 28,25 dengan ketuntasan mencapai 7 0,63% dan meningkat pada siklus II yaitu rata -rata 32,22 denga n ketuntasan mencapai 8 0,56%, sedangkan nilai rata- rata tes/evaluasi siswa siklus I 65,5 denga n ketuntasan belajar mencapai 50 %, sedangkan pada siklus II mencapai rata- rata yaitu 7 6,95 dengan ketuntasan mencapai 80,55%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing dapat meningkatkan semangat kebangsaan dan prestasi belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di kelas V SD Negeri 1 Kebutuhjurang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Drs. Pamujo,M.M., M.Pd Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: IPS , P embelajaran Role Playing , Prestasi Belajar , Rasa Semangat Kebangsaan .
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 03 Jan 2018 01:55
Last Modified: 03 Jan 2018 01:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6665

Actions (login required)

View Item View Item