PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN KALKULATOR BERBASIS MODEL DELIKAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

SUSANTI, - (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN KALKULATOR BERBASIS MODEL DELIKAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SUSANTI_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SUSANTI_PGSD'16.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SUSANTI_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_SUSANTI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_SUSANTI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_SUSANTI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SUSANTI_PGSD'16.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SUSANTI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

LKS merupakan salah satu bahan ajar yang paling sering digunakan siswa untuk membantu kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kondisi faktual penggunaan LKS di sekolah dasar, 2) pengembangan LKS menggunakan kalkulator berbasis model delikan, 3) kelayakan LKS menggunakan kalkulator berbasis model delikan, 4) pengaruh LKS menggunakan kalkulator berbasis model delikan, 5) respon guru terhadap menggunakan kalkulator berbasis model delikan, 6) respon siswa terhadap menggunakan kalkulator berbasis model delikan. Penggunaan LKS sebagai sarana pendukung pembelajaran di sekolah dasar masih memiliki kekurangan dan belum adanya petunjuk penggunaan kalkulator dalam tahap pembinaan kerampilan matematika sehingga diperlukan pengembangan LKS menggunakan model delikan. Proses pengembangan LKS menggunakan model 4-D dari Thiagarajan, S., dkk yaitu pendefinisan, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Tetapi penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan dalam uji coba terbatas. LKS yang telah divalidasi memperoleh rata-rata 4,1 (valid). Respon guru terhadap pengembangan LKS memperoleh rata-rata 4,53 (sangat baik). Sedangkan respon siswa terhadap pengembangan LKS memperoleh rata-rata 4,4 (sangat baik). Uji coba produk LKS menggunakan uji Mann Whitney U-test diperoleh hasil nilai Z 2,23688≥1,96 atau dengan perhitungan SPSS diperoleh nilai α 0,017<0,05, maka Ho ditolak sedangkan Hα diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKS matematika materi pecahan menggunakan kalkulator berbasis model delikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 2 Pasir Kulon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Research and Development (R&D), model pengembangan 4-D, LKS, kalkulator dan model pembelajaran delikan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 02 Jan 2018 02:25
Last Modified: 02 Jan 2018 02:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6629

Actions (login required)

View Item View Item