PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK PEMBELAJARAN SEBAYA TIPE KELOMPOK SINDIKAT (SYNDICATE GROUP) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGDADAP

MELINA, PINASTIKA DWI (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK PEMBELAJARAN SEBAYA TIPE KELOMPOK SINDIKAT (SYNDICATE GROUP) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGDADAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_PINASTIKA DWI MELINA_PGSD'14.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_PINASTIKA DWI MELINA_PGSD'14.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_PINASTIKA DWI MELINA_PGSD'14.pdf

Download (842kB) | Preview
[img] Text
BAB III_PINASTIKA DWI MELINA_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
BAB IV_PINASTIKA DWI MELINA_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_PINASTIKA DWI MELINA_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_PINASTIKA DWI MELINA_PGSD'14.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_PINASTIKA DWI MELINA_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif teknik pembelajaran sebaya tipe kelompok sindikat (syndicate group) terhadap hasil belajar IPS materi permasalahan sosial siswa kelas IV di SD Negeri Karangdadap yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Objek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A dan kelas IV B yang masing-masing kelas berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari 3 jenis, yaitu tes, angket, dan skala penilaian. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan SPSS 16.0. Hasilnya diperoleh thitung ≥ ttabel , atau dan 1,959 ≥ 1,684 signifikansi sebesar 0,049 artinya Ha diterima untuk uji hipotesis aspek kognitif. Hasil uji hipotesis aspek afektif diperoleh thitung ≤ ttabel, atau -0,596 ≤ 1,684 dan signifikansi sebesar 0,459 artinya Ha ditolak, sedangkan hasil uji hipotesis aspek psikomotor adalah thitung ≥ ttabel, atau 3,1 ≥ 1,684 dan signifikansi sebesar 0,003 artinya Ha diterima. Jadi, berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik model pembelajaran kolaboratif teknik pembelajaran sebaya tipe kelompok sindikat (syndicate group) terhadap hasil belajar IPS aspek kognitif dan aspek psikomotor, namun tidak terdapat pengaruh yang lebih baik model pembelajaran kolaboratif teknik pembelajaran sebaya tipe kelompok sindikat (syndicate group) terhadap hasil belajar IPS aspek afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kolaboratif teknik pembelajaran sebaya tipe kelompok sindikat (syndicate group), hasil belajar, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 02 Jan 2018 01:49
Last Modified: 02 Jan 2018 01:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6621

Actions (login required)

View Item View Item