PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BOJONGSARI

SABRINA, NUR (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BOJONGSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NUR SABRINA_MATEMATIKA'15.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NUR SABRINA_MATEMATIKA'15.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NUR SABRINA_MATEMATIKA'15.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NUR SABRINA_MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB IV_NUR SABRINA_MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
BAB V_NUR SABRINA_MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NUR SABRINA_MATEMATIKA'15.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NUR SABRINA_MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan strategi Group Investigation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bojongsari yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa putra dan 12 siswa putri. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 November 2014 sampai dengan tanggal 6 Desember 2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pembelajaran. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi – evaluasi, dan refleksi. Kemampuan penalaran matematis siswa diukur menggunakan tes evaluasi kemampuan penalaran matematis pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian yang didapat dari nilai siklus I diperoleh rata-rata 57,8, pada siklus II diperoleh rata-rata 66,9, dan pada siklus III diperoleh rata-rata 79,4. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan strategi Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bojongsari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si, dan Anton Jaelani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Discovery Learning, Group Investigation
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 02 Jan 2018 01:41
Last Modified: 02 Jan 2018 01:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6620

Actions (login required)

View Item View Item