PENGARUH PERMAINAN ICE BREAKING TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KEMUTUG LOR

SULISTIOWATI, CHAROLINA (2014) PENGARUH PERMAINAN ICE BREAKING TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KEMUTUG LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_CHAROLINA SULISTIOWATI_PGSD'14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_CHAROLINA SULISTIOWATI_PGSD'14.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_CHAROLINA SULISTIOWATI_PGSD'14.pdf

Download (914kB) | Preview
[img] Text
BAB III_CHAROLINA SULISTIOWATI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB IV_CHAROLINA SULISTIOWATI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_CHAROLINA SULISTIOWATI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Text
LAMPIRAN_CHAROLINA SULISTIOWATI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Ice Breaking terhadap rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kemutug Lor. Pengaruh yang diharapkan tidak hanya dalam aspek afektif yaitu percaya diri namun terhadap prestasi belajar juga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan populasi dalam penelitian ini menggunakan sistem Cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Kemutug Lor, sedangkan untuk sampelnya diambil seluruh siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan seluruh siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan permainan Ice Breaking. Pengambilan sampel yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak atau random sampling. Teknik pengumpulan data untuk aspek kognitif menggunakan pos tes, untuk aspek afektif menggunakan angket percaya diri. Data analisis data dengan menggunakan Uji T. Dari uji hipotesis disimpulkan yaitu (1) Pada aspek kognitif dari hasil uji T diperoleh Thitung > Ttabel ( 2,1473 > 1,697 ); (2) Pada hasil belajar aspek afektif dari hasil uji T diperoleh Thitung > Ttabel ( 2,822 > 1,697); (3) Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan Ice Breaking terhadap rasa percaya diri dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Kemutug Lor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Drs. Pamujo,M.M, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: rasa percaya diri, prestasi, IPS, Ice Breaking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 02 Jan 2018 00:20
Last Modified: 02 Jan 2018 00:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6606

Actions (login required)

View Item View Item