UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI PERMAINAN TEBAK HURUF PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN AL AMANAH GEMBONG KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013

LARASATI, SISKA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI PERMAINAN TEBAK HURUF PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN AL AMANAH GEMBONG KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SISKA LARASATI_PAUD'12.pdf

Download (35MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SISKA LARASATI_PAUD'12.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SISKA LARASATI_PAUD'12.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SISKA LARASATI_PAUD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB IV_SISKA LARASATI_PAUD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
BAB V_SISKA LARASATI_PAUD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SISKA LARASATI_PAUD'12.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SISKA LARASATI_PAUD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak Kelompok Bermain Al Amanah Gembong Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga melalui Permainan Tebak Huruf karena pada saat anak belajar mengenal huruf, sering terjadi kesulitan. Sekitar 80% anak cenderung susah dalam mengenal huruf yang bentuknya hampir sama, seperti b dan d, u dan n, m dan w, b dan p, p dan q huruf-huruf tersebut sering tertukar ketika dibaca. Sedangkan untuk huruf-huruf yang lain sebagian besar anak masih sering keliru ketika membacanya. Skripsi ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2012-2013. Subjek penelitian adalah anak didik Kelompok Bermain Al Amanah Gembong Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga dengan jumlah siswa 20 anak dengan rincian 10 putra dan 10 putri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi dengan ketuntasan 75%. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian dan analisis data selama penelitian, kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf mengalami peningkatan. Pada kondisi awal, dari 20 anak ada 2 anak atau 10% kemampuan bahasanya berkembang sangat baik, 2 anak atau 10% berkembang sesuai harapan, 14 anak atau 70% sudah mulai berkembang, dan 2 anak atau 10% kemampuan bahasanya belum berkembang. Pada siklus I dari 20 anak ada 3 anak atau 15% kemampuan bahasanya berkembang sangat baik, 5 anak atau 25% berkembang sesuai harapan, 10 anak atau 50% sudah mulai berkembang, dan 2 anak atau 10% belum berkembang. Pada siklus II dari 20 anak ada 6 anak atau 30% kemampuan bahasanya berkembang sangat baik, 11 anak atau 55% berkembang sesuai harapan, dan sisanya 3 anak atau 15% sudah mulai berkembang. Ketiga anak tersebut sudah mulai berkembang karena mereka pernah tidak berangkat saat diadakan perbaikan, apalagi perbaikannya hanya dilakukan enam kali pertemuan ditambah dengan kondisi awal mereka yang belum berkembang dan mulai berkembang, sehingga berpengaruh terhadap kemampuan bahasanya dalam mengenal huruf. Untuk itu peneliti harus berkolaborasi dengan guru dan orang tua untuk memberikan tindakan lebih lanjut agar kemampuan bahasa dalam mengenal huruf semua anak kelompok bermain berkembang maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Johni Dimyati, M.M, dan Labib Sajawandi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Permainan Tebak Huruf, Mengenal Huruf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Dec 2017 02:43
Last Modified: 30 Dec 2017 02:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6602

Actions (login required)

View Item View Item