PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE SISWA KELAS IVSD NEGERI 2 KARANGGUDE

PRALISHA, DEVIKA JENY (2016) PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE SISWA KELAS IVSD NEGERI 2 KARANGGUDE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DEVIKA JENY PRALISHA_PGSD'16.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DEVIKA JENY PRALISHA_PGSD'16.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DEVIKA JENY PRALISHA_PGSD'16.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DEVIKA JENY PRALISHA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB IV_DEVIKA JENY PRALISHA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DEVIKA JENY PRALISHA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DEVIKA JENY PRALISHA_PGSD'16.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DEVIKA JENY PRALISHA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar yang bertujuan untuk membantu mendewasakan siswa supaya dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai dalam rangka berpartisipasi dalam masyarakat, negara dan bahkan dunia. Siswa diharapkan memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya dimanapun berada. Selain itu, IPS juga merupakan mata pelajaran yang mengajarkan tentang sikap dan interaksi antar manusia. IPS dapat digunakan sebagai mata pelajaran untuk pembentukan karakter siswa. karena pembentukan karakter siswa sejak dini sangat diperlukan. Maka dari itu, mulai dari pendidikan dasar pendidikan karakter sudah diterapkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahuai apakah ada peningkatan sikap toleransi dan prestasi belajar IPS melalui pembelajaran Take and Give siswa kelas IV SD Negeri 2 Karanggude. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalan dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan, diperoleh bahwa pada siklus I rata-rata sikap toleransi siswa sebesar 3,14 sedangkan pada siklus II menjadi sebesar 3,24. Prestasi beajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,67 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 73. Dengan persentase ketuntasan belajar siklus I 66,67%, dengan siswa tuntas belajar 20. Pada tindakan siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 86,67% dengan siswa tuntas belajar 26. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan sikap toleransi dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Karanggude melalui pembelajaran Take and Give.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Toleransi, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Take and Give, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Dec 2017 00:26
Last Modified: 30 Dec 2017 00:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6580

Actions (login required)

View Item View Item