PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA JAWA MATERI UNGGAH-UNGGUH BASA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SEKOLAH DASAR

UTAMI, WAHYU DWI (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA JAWA MATERI UNGGAH-UNGGUH BASA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WAHYU DWI UTAMI COVER.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAHYU DWI UTAMI BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAHYU DWI UTAMI BAB II.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
WAHYU DWI UTAMI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
WAHYU DWI UTAMI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
WAHYU DWI UTAMI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
WAHYU DWI UTAMI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
WAHYU DWI UTAMI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lunturnya penggunaan bahasa Jawa dikalangan generasi muda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan angket penggunaan LKS yang telah ada menunjukkan bahwa produk LKS yang digunakan di SD masih terdapat banyak kekurangan diantaranya tampilan LKS yang kurang menarik sehingga diperlukan suatu pengembangan LKS untuk memperbaiki LKS yang sudah dipakai di Sekolah Dasar. Proses pengembangan LKS menggunakan model 4-D Thiagarajan, Samel and Samel yang telah dimodifikasi menjadi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. LKS yang telah divalidasi oleh tiga ahli mendapatkan skor rata-rata (4,5) dan dinyatakan “sangat valid”, penilaian guru 4,8 dengan kriteria “sangat setuju”, skor rata-rata respon siswa terhadap LKS memperoleh 4,4 dengan kriteria “sangat baik” dengan rincian respon sangat baik sebanyak 15 siswa dan respon siswa baik sebanyak 5 siswa. Desain experiment yang digunakan adalah non equivalent control group design dengan pengambilan keputusan: Z > Zα/2 atau –2 < –0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKS bahasa Jawa berbasis model pembelajaran Picture and Picture terhadap prestasi belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd dan Okto Wijayanti, S.Pd, M. A
Uncontrolled Keywords: LKS, Bahasa Jawa, Materi Unggah-Ungguh Basa dan Model Pengembangan 4-D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 06:00
Last Modified: 29 Dec 2017 06:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6574

Actions (login required)

View Item View Item