PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) KELAS V SD NEGERI 3 KERTAYASA

WULANDARI, RESTI LILI (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) KELAS V SD NEGERI 3 KERTAYASA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RESTI LILI WULANDARI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RESTI LILI WULANDARI BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RESTI LILI WULANDARI BAB II.pdf

Download (762kB) | Preview
[img] Text
RESTI LILI WULANDARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RESTI LILI WULANDARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
RESTI LILI WULANDARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
RESTI LILI WULANDARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
RESTI LILI WULANDARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Kertayasa termasuk dalam kategori kurang. Sebagian besar siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti dalam hal bertanya dan menyampaikan pendapat. Hasil prestasi belajar IPA banyak yang tidak mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 3 kertayasa pada mata pelajaran IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya melalui model pembelajaran kolaboratif tipe Predict Observe Explain (POE). Subyek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Kertayasa yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V SD Negeri 3 Kertayasa dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit untuk setiap pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi, angket dan dokumentasi. Data rasa ingin tahu siswa diperoleh dari angket rasa ingin tahu, prestasi belajar IPA diperoleh dari hasil tes evaluasi, sedangkan aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskiptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, rasa ingin tahu siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,4 yang termasuk dalam kriteria cukup hasil rasa ingin tahu siswa siklus II diperoleh rata-rata 2,7 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil prestasi belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar mencapai 61% dengan kriteria baik. Hasil prestasi belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar mencapai 84% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kolaboratif tipe Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Kertayasa materi Cahaya dan sifat-sifatnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kolaboratif, Predict Observe Explain (POE)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:55
Last Modified: 29 Dec 2017 03:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6566

Actions (login required)

View Item View Item