PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 6 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2015-2016

FIRDAUS, MOHAMAD (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 6 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2015-2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MOHAMAD FIRDAUS COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOHAMAD FIRDAUS BAB I.pdf

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOHAMAD FIRDAUS BAB II.pdf

Download (789kB) | Preview
[img] Text
MOHAMAD FIRDAUS BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img] Text
MOHAMAD FIRDAUS BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MOHAMAD FIRDAUS BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
MOHAMAD FIRDAUS DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
MOHAMAD FIRDAUS LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Clustering pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 6 Purwokerto Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa VIII G SMP Negeri 6 Purwokerto dengan menggunakan teknik clustering. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Purwokerto tahun ajaran 2015-2016 pada semester 2. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tanggal 24 Maret - 23 April 2016 yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan nontes. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 6 Purwokerto. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pretest ke post-test siklus I dan siklus II. Pada pretest rata-rata kelas memperoleh nilai 70,91 dan siswa yang di atas KKM sebanyak 8 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 22,86%. Setelah menggunakan teknik clustering dalam pembelajaran menulis puisi pada siklus I kemampuan siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa menjadi 77,64 dan siswa yang di atas KKM sebanyak 19 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 55,89%. Pada siklus II juga terdapat peningkatan kemampuan dalam menulis puisi. Nilai rata-rata post-test siklus II sebesar 82,86 dan siswa yang di atas KKM sebanyak 28 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M. Pd dan Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, menulis puisi, teknik clustering
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:20
Last Modified: 29 Dec 2017 03:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6558

Actions (login required)

View Item View Item