PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN KELAS V SD DI UPTD KUWARASAN KEBUMEN

SUYOGI, MARTI (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN KELAS V SD DI UPTD KUWARASAN KEBUMEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MARTI SUYOGI COVER.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MARTI SUYOGI BAB I.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MARTI SUYOGI BAB II.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
MARTI SUYOGI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
MARTI SUYOGI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
MARTI SUYOGI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
MARTI SUYOGI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
MARTI SUYOGI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Prestasi belajar pada siswa kelas V menjadi ukuran bahwa pada usia 11 tahun, siswa lebih menyukai sesuatu yang kongkret. Pengaruh pola asuh orang tua atau wali dapat menciptakan sesuatu yang baru untuk perkembangannya. Orang tua atau wali belum menyadari bahwa hal tersebut berdampak pada penciptaan tingkah lakunya sehari-hari yang orang tua atau wali lakukan contoh untuk siswa. Suatu kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi siswa dalam mempunyai rasa disiplin belajar. Kedisiplinan itu dapat muncul seiring dengan suatu kebiasaan yang sudah menjadi suatu kebutuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sempel penelitian berjumlah 251 siswa di Sekolah Dasar. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar dari cara pengasuhan orang tua atau wali. Pola asuh orang tua atau wali secara otoriter (authoritarian), demokratis (authoritative), dan permisif (permissive) memberi dampak arah siswa untuk dapat menciptakan disiplin belajar dan mencapai keberhasilan prestasi belajarnya. Pengaruh yang besar pada siswa untuk penciptaan disiplin belajar terletak pada pengasuhan orang tua atau wali, serta disiplin belajar siswa yang pengasuhannya secara demokratis (authoritative) lebih baik penciptaannya dibandingkan pengasuhannya, secara otoriter (authoritarian) dan permisif (permissive). Hal tersebut bahwa pola asuh orang tua atau wali dan disiplin belajar memberi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D dan Dr. Sriyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, pola asuh orang tua, dan prestasi belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:14
Last Modified: 29 Dec 2017 03:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6557

Actions (login required)

View Item View Item