TANGGUNG JAWAB SISWA TERHADAP TUGAS PEKERJAAN RUMAH PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SUBHI, HANIFUDIN (2016) TANGGUNG JAWAB SISWA TERHADAP TUGAS PEKERJAAN RUMAH PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HANIFUDIN SUBHI COVER.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HANIFUDIN SUBHI BAB I.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HANIFUDIN SUBHI BAB II.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
HANIFUDIN SUBHI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
HANIFUDIN SUBHI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
HANIFUDIN SUBHI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
HANIFUDIN SUBHI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
HANIFUDIN SUBHI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tanggung jawab merupakan perilaku yang sangat ditekankan untuk dimiliki siswa sejak usia dini. Membentuk perilaku tanggung jawab siswa dapat dilakukan melalui berbagai macam cara diantaranya melalui pemberian Pekerjaan Rumah secara intensif. Bentuk tanggung jawab siswa terhadap PR pada saat ini masih menjadi suatu permasalahan yang sering terjadi di Sekolah Dasar. Siswa terkadang mengabaikan PR yang diberikan oleh guru dengan berbagai macam alasan yang mendasarinya, seperti lupa, malas, PR terlalu banyak, sukar dikerjakan, tidak dikoreksi, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tanggung jawab siswa terhadap PR, faktor-faktor yang memengaruhi tanggung jawab siswa terhadap PR dan strategi guru dalam membentuk tanggung jawab siswa terhadap PR. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan didukung oleh informan diantaranya guru, orangtua siswa dan kepala sekolah di sebuah sekolah dasar yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Karanglewas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bentuk perilaku tanggung jawab siswa terhadap PR adalah siswa mengerjakan tugas PR dengan percaya pada kemampuannya sendiri dan mengakui kesalahan yang telah dilakukannya dengan menerima sanksi yang diberikan oleh guru, (2) faktor yang memengaruhi tanggung jawab siswa adalah faktor internal yang meliputi rasa malas, daya ingat dan usia perkembangan, selain itu terdapat faktor eksternal yang meliputi peran orangtua atau keluarga di rumah serta peran guru saat di sekolah, (3) strategi yang digunakan guru dalam membentuk tanggung jawab siswa terhadap PR ialah dengan memberikan sebuah hukuman dan tetap membuka komunikasi dengan orangtua siswa untuk saling mendiskusikan perkembangan siswa. Kesimpulannya adalah bahwa tanggung jawab siswa terhadap PR masih membutuhkan perhatian dari berbagai pihak untuk memaksimalkan peran atau manfaat dari adanya pemberian PR, sehingga dampak positif akan dirasakan oleh guru, orangtua, dan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Pekerjaan Rumah (PR), Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:53
Last Modified: 29 Dec 2017 02:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6551

Actions (login required)

View Item View Item