PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS ( IPA ) DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING ANG LEARNING) PADA POKOK BAHASAN CAHAYA SISWA KELAS V SDN 02 KEBUNAGUNG KEC. KAJEN KAB. PEKALONGAN T.P. PELAJARAN 2009/2010

SAENONA, SITI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS ( IPA ) DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING ANG LEARNING) PADA POKOK BAHASAN CAHAYA SISWA KELAS V SDN 02 KEBUNAGUNG KEC. KAJEN KAB. PEKALONGAN T.P. PELAJARAN 2009/2010. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SITI SAENONA COVER.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI SAENONA BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI SAENONA BAB II.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
SITI SAENONA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
SITI SAENONA BABIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
SITI SAENONA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img]
Preview
Text
SITI SAENONA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
SITI SAENONA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)

Abstract

Peningkatkan Hasil Belajar Sains ( IPA ) Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning ) pada Pokok Bahasan Cahaya Siswa Kelas V SDN 02 Kebunagung, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010”. Saenona, Siti. 2010. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, UMP Untuk mengetahui apakah pendekatan kontektual dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Sains ( IPA ) dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Ada tidaknya peningkatan hasil belajar akan diketahui berdasarkan data hasil observasi aktivitas guru dan hasil evaluasi pada akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru dengan pendekatan kontektual dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,33. dari sebesar sebesar 3,03 yang termasuk dalam kriteria baik pada sikulus 1, menjadi 3,36 yang termasuk dalam kriteria baik sekali, pada siklus 2. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 54,78 pada data awal, menjadi rata-rata 71,30 setelah siklus 1 dan menjadi rata-rata 80,00 setelah siklus 2. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V SDN 02 Kebunagung, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010 pada mata pelajaran Sains (IPA) pada Pokok Bahasan Cahaya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, S.Pi., M.Pi dan Drs. Joko Purwanto, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Minat; Belajar; Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning); Cahaya;
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:40
Last Modified: 29 Dec 2017 02:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6550

Actions (login required)

View Item View Item