UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINAN MONOPOLI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI LINGKUNGAN FISIK KELAS IV SD N 1 CILONGOK

SARI, GLENI PUSPITA (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINAN MONOPOLI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI LINGKUNGAN FISIK KELAS IV SD N 1 CILONGOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
GLENI PUSPITA SARI COVER.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GLENI PUSPITA SARI BAB I.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GLENI PUSPITA SARI BAB II.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
GLENI PUSPITA SARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text
GLENI PUSPITA SARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] Text
GLENI PUSPITA SARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
GLENI PUSPITA SARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
GLENI PUSPITA SARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian tentang kemandirian dan prestasi belajar siswa telah dilaksanakan di SD N 1 Cilongok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA materi lingkungan fisik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. Prosedur pelaksanaan pada setiap siklus meliputi rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Data hasil peningkatan kemandirian dan prestasi belajar siswa diperoleh dari skala sikap yang diberikan pada setiap akhir siklus dan tes evaluasi yang diberikan setiap pertemuan pada masing-masing siklus. Hasil skala sikap kemandirian siswa sebelum dilakukan tindakan memperoleh rata-rata 1,73 dengan kriteria kurang, pada siklus I diperoleh rata-rata kemandirian siswa sebesar 2,79 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 3,32 dengan kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa pada pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 65% dan siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 87%. Melihat hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas IV SD N 1 Cilongok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si dan Agung Nugroho, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran ARIAS, Permainan Monopoli, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:44
Last Modified: 29 Dec 2017 02:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6549

Actions (login required)

View Item View Item