PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VA SD NEGERI KALISARI

AGUSTINA, DENTI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VA SD NEGERI KALISARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DENTI AGUSTINA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DENTI AGUSTINA BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DENTI AGUSTINA BAB II.pdf

Download (809kB) | Preview
[img] Text
DENTI AGUSTINA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
DENTI AGUSTINA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DENTI AGUSTINA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
DENTI AGUSTINA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
DENTI AGUSTINA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Kalisari dengan jumlah siswa 21 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru, observasi siswa, wawancara, dan dokumentasi. Data ranah kognitif diperoleh dari tes evaluasi yang dilaksanakan pada setiap akhi siklus. Untuk memperoleh data hasil belajar ranah afektif dan ranah psikomotor menggunakan lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar ranah kognitif siklus I diperoleh diperoleh rata-rata 74,76 dengan ketuntasan 61,90% dan siklus II diperoleh ratarata 82,97 dengan ketuntasan 90,47%. Hasil belajar ranah afektif diperoleh ratarata siklus I 2,85 dengan kriteri Baik dan siklus II sebesar 3,63 dengan kriteria Sangat Baik. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotor diperoleh rata-rata pada siklus I 2,91 dengan kriteria Baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,70 dengan kriteria Sangat Baik, dari hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VA SD Negeri Kalisari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn, MA
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, dan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:01
Last Modified: 29 Dec 2017 02:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6541

Actions (login required)

View Item View Item