PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PLIKEN

YULIANA, VIA (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui metode Role Playing. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pliken dengan jumlah siswa 38. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yaitu 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk memperoleh data hasil belajar aspek psikomotor dan aspek afektif menggunakan lembar penilaian psikomotor dan lembar penilaian afektif. Untuk data hasil belajar aspek kognitif diperoleh dari tes evaluasi pada akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar aspek psikomotor diperoleh persentase siklus I sebesar 2,87 dengan kriteria baik, siklus II sebesar 3,28 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar aspek afektif diperoleh persentase siklus I sebesar 2,70 dengan kriteria baik, siklus II sebesar 3,37 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil belajar aspek kognitif siklus I diperoleh dengan ketuntasan 68,15 % dengan kriteria cukup baik, siklus II diperoleh dengan ketuntasan 89,74 % dengan sangat baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Pliken.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M. Pd, dan Agung Nugroho, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Role Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Dec 2017 02:40
Last Modified: 28 Dec 2017 02:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6511

Actions (login required)

View Item View Item