INVENTARISASI JENIS-JENIS PROTISTA AIR KOLAM SEBAGAI UPAYA PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PROTISTA MATERI PROTISTA SMA KELAS X

SETIANINGRUM, DYAH AYU (2015) INVENTARISASI JENIS-JENIS PROTISTA AIR KOLAM SEBAGAI UPAYA PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PROTISTA MATERI PROTISTA SMA KELAS X. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DYAH AYU SETIANINGRUM_BIOLOGI'15.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DYAH AYU SETIANINGRUM_BIOLOGI'15.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DYAH AYU SETIANINGRUM_BIOLOGI'15.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DYAH AYU SETIANINGRUM_BIOLOGI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV_DYAH AYU SETIANINGRUM_BIOLOGI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V_DYAH AYU SETIANINGRUM_BIOLOGI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DYAH AYU SETIANINGRUM_BIOLOGI'15.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DYAH AYU SETIANINGRUM_BIOLOGI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Inventarisasi Jenis-jenis Protista Air Kolam Sebagai Upaya Penyusunan Media Pembelajaran Video Protista Materi Protista SMA Kelas X telah dilaksanakan pada bulan Februari-Juli tahun akademik 2014/2015 di Laboratorium Terpadu Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun media pembelajaran video protista materi protista kelas X menggunakan data hasil inventarisasi jenis-jenis protista air kolam. Metode penelitian menggunakan metode Survey. Metode penyusunan media pembelajaran video protista dengan program software windows movie maker 2.6 menggunakan metode penelitian pengembangan (Development Research) oleh (Suheri, 2006) dalam (Leksono et al., 2010). Tahapan utama penyusunan terdiri dari tahap menentukan konsep, persiapan alat dan bahan, pengumpulan bahan, desain, produk, distribusi. Data hasil pengamatan diperoleh jenis protista sebanyak 17 spesies dengan ciri morfologinya serta hasil foto dan video jenis protista telah dikembangkan dalam media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa data hasil inventarisasi dapat diimplementasikan kedalam media pembelajaran. Media pembelajaran disusun berdasarkan pengembangan KD 2.3 kurikulum KTSP biologi SMA yang terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan tersusun atas standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan materi berupa teks, gambar, video. Output media pembelajaran dikemas dalam DVD dengan format mpg. Ukuran file media video keseluruhan 474 MB. Hasil respon pengguna terhadap media video menunjukan bahawa seluruh responden guru dan siswa menyatakan media dapat dipergunakan dalam pembelajaran, materi yang disajikan sesuai dengan KD, bahasa yang digunakan efektif. Pada aspek tampilan berupa tampilan, efek, dan teks persentase respon siswa sebesar 70% dan persentase guru sebesar 81,18% menyatakan bahwa tampilan sudah menarik, teks pada materi sudah proporsional. Sementara pada aspek pemrograman persentase respon siswa sebesar 90% dan respon seluruh guru menyatakan pemrograman media mudah dioperasikan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa data hasil inventarisasi jenis-jenis protista air kolam dapat digunakan sebagai penyusunan media pembelajaran materi protista SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd.
Uncontrolled Keywords: inventarisasi, jenis-jenis protista, media pembelajaran ,video protista
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 07 Feb 2017 03:46
Last Modified: 07 Feb 2017 03:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item