UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV PADA MATERI KELILING DAN LUAS JAJARGENJANG DAN SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SD NEGERI I PURBADANA

ANDRIATI, YURI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV PADA MATERI KELILING DAN LUAS JAJARGENJANG DAN SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SD NEGERI I PURBADANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
YURI ANDRIATI cover.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YURI ANDRIATI BAB I.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YURI ANDRIATI BAB II.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
YURI ANDRIATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
YURI ANDRIATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
YURI ANDRIATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
YURI ANDRIATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
YURI ANDRIATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Rendahnya kreativitas dan prestasi belajar siswa menjadikan alasan peneliti meakukan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika pada materi keliling dan luas jajargenjang dan segitiga dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV dari SD Negeri I Purbadana yang terletak di Unit Pendidikan Kecamatan Kembaran, kabupaten Banyumas. Siswa kelas IV berjumlahkan 26 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Tes kreativitas dan evaluasi dilakukan setiap akhir siklus. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Penelitian yang telah dilaksanakan menggunakan pendekatan matematika realistik menghasilkan peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan kreativitas siswa berdasarkan ketuntasan klasikal kreatif mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 69,23% menjadi 92,31% pada siklus II. Hasil prestasi belajar siswa berdasarakan ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 73,08%, meningkat pada siklus II sebanyak 88,46%. Disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika di siswa kelas IV SD Negeri I Purbadana, Unit Pendidikan Kecamatan Kembaran kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Prestasi Belajar, Keliling dan luas jajargenjang dan segitiga, Pendekatan matematika realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Dec 2017 09:33
Last Modified: 27 Dec 2017 09:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6508

Actions (login required)

View Item View Item