UPAYA MENINGKATKAN GEMAR MEMBACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PENGUMUMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA ANAK TUNAGRAHITA DI KELAS IV SDLB-C YAKUT PURWOKERTO

RESTIKA, VIKA NANDHYA (2014) UPAYA MENINGKATKAN GEMAR MEMBACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PENGUMUMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA ANAK TUNAGRAHITA DI KELAS IV SDLB-C YAKUT PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
VIKA NANDHYA RESTIKA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
VIKA NANDHYA RESTIKA BAB I.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
VIKA NANDHYA RESTIKA BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
VIKA NANDHYA RESTIKA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
VIKA NANDHYA RESTIKA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
VIKA NANDHYA RESTIKA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
VIKA NANDHYA RESTIKA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
VIKA NANDHYA RESTIKA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan sikap gemar membaca dan kemampuan membaca pengumuman melalui model pembelajaran Examples non examples pada anak tunagrahita di kelas IV SDLB-C Yakut Purwokerto yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Terdapat dua siklus dengan 2 pertemuan tiap siklus mengikuti desain siklus PTK Kemmis and Taggart. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, untuk memperoleh hasil data kemampuan membaca menggunakan lembar tes dengan presentase 60% pada siklus I dan 90% pada siklus II dan penilaian unjuk kerja dengan presentase 71% pada siklus I dan 90,5% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 71,87% dan Siklus II 81,87%. Berdasarkan hasil penelitian dengan memberikan angket respon siswa terhadap , respon siswa pada siklus I diperoleh dengan presentase 70% pada siklus II diperoleh dengan presentase 81,87%. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh 80% dan pada siklus II 90%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Examples non examples dapat meningkatkan sikap gemar membaca dan kemampuan membaca pada anak tunagrahita materi teks pengumuman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Enuh Zainuddin, M.A. dan Santhy Hawanti, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Gemar Membaca, Kemampuan Membaca Pengumuman, Model Pembelajaran Examples non examples, Anak Tunagrahita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Dec 2017 04:57
Last Modified: 27 Dec 2017 04:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item