PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN 1 PRIGI KABUPATEN BANJARNEGARA

ARIYANTI, DWI (2011) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN 1 PRIGI KABUPATEN BANJARNEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DWI ARIYANTI_PGSD'11.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DWI ARIYANTI_PGSD'11.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DWI ARIYANTI_PGSD'11.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DWI ARIYANTI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_DWI ARIYANTI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DWI ARIYANTI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DWI ARIYANTI_PGSD'11.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DWI ARIYANTI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV melalui strategi pembelajaran make a macth di SD Negeri 1 Prigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang kolaborasi antara guru dan peneliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Prigi yang berjumlah 39. Penelitian ini dilaksanakan dua Siklus. Setiap Siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apabila rata-rata kelas ≥65 dengan persentase ketuntasan klasikal 85%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada pelajaran IPA dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Prigi. Hal ini dapat diketahui bahwa rata-rata nilai tes awal (pra siklus) 60,12(48,59%). Sedangkan rata-rata nilai pada siklus I adalah 70 (68,47%) meningkat menjadi 80 (87,18%) pada siklus II. Hasil skor rata-rata angket minat pada siklus I adalah 30,2 (62,91%) meningkat menjadi 42,2 (87,92%) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 1 Prigi kabupaten Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Subuh Anggoro, S.Pi, M.Pi.
Uncontrolled Keywords: make a match, minat, prestasi belajar dan PTK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 07 Feb 2017 03:26
Last Modified: 07 Feb 2017 03:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item