UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV A PADA MATERI MENGENAL LEMBAGA-LEMBAGA PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA, DAN PROVINSI MELALUI MODEL MIND MAPPING DI MII PRETEK

SUMINAR, WULAN (2013) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV A PADA MATERI MENGENAL LEMBAGA-LEMBAGA PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA, DAN PROVINSI MELALUI MODEL MIND MAPPING DI MII PRETEK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WULAN SUMINAR COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WULAN SUMINAR BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WULAN SUMINAR BAB II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
WULAN SUMINAR BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
WULAN SUMINAR BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
WULAN SUMINAR BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
WULAN SUMINAR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
WULAN SUMINAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)

Abstract

Rendahnya kreativitas siswa dan prestasi belajar siswa sehingga, penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi mengenal lembaga-lembaga pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi melalui model Mind Mapping kelas IVA MII Pretek. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 22% yaitu dari 58% dengan kriteria kreatif menjadi 80% dengan kriteria sangat kreatif. Prestasi belajar siswa dengan ketuntasan klasikal mengalami peningkatan 7% dari 86% atau 25 siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 93% atau 27 siswa yang tuntas pada siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi melalui model Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd
Uncontrolled Keywords: kreativitas; prestasi belajar; model Mind Mapping;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 27 Dec 2017 04:18
Last Modified: 27 Dec 2017 04:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item