PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP SIKAP KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DAN JARING-JARING DI KELAS IV SD NEGERI SOKARAJA LOR

KUSUMADESI, ROSIANA NURUL (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP SIKAP KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DAN JARING-JARING DI KELAS IV SD NEGERI SOKARAJA LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ROSIANA NURUL KUSUMADESI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROSIANA NURUL KUSUMADESI BAB I.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROSIANA NURUL KUSUMADESI BAB II.pdf

Download (930kB) | Preview
[img] Text
ROSIANA NURUL KUSUMADESI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
ROSIANA NURUL KUSUMADESI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ROSIANA NURUL KUSUMADESI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img]
Preview
Text
ROSIANA NURUL KUSUMADESI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
ROSIANA NURUL KUSUMADESI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Masih banyak siswa yang merasa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Persepsi inilah yang membuat sebagian siswa di SD Negeri Sokaraja Lor merasa kurang antusias mengikuti kegiatan pembelajaran matematika, sehingga timbul kurang adanya sikap kerja keras yang dimiliki siswa dalam mengerjakan/menyelesaikan tugas matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum terhadap sikap kerja keras siswa pada materi Bangun Ruang dan Jaring-Jaring di kelas IV SD Negeri Sokaraja Lor dan mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi Bangun Ruang dan Jaring-Jaring di kelas IV SD Negeri Sokaraja Lor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan eksperimen.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling acak (random sampling). Teknik pengambilan data untuk sikap kerja keras siswa berupa pemberian angket, sedangkan untuk prestasi belajar siswa berupa posttest. Penelitian ini dianalisis menggunakan Uji-T. Hasil yang diperoleh yaitu (1) sikap kerja keras dari hasil Uji-T diperoleh , atau 0 < +2,042 dan SPSS 16.0 diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,818 > 0,05, dan (2) prestasi belajar siswa dari hasil Uji-T diperoleh bahwa , atau 2,58 > +2,042 dan SPSS 16.0 diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,007 < 0,05.Berdasarkan hasil perhitungan Uji T dan SPSS, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum terhadap sikap kerja keras siswa pada materi Bangun Ruang dan Jaring-Jaring di kelas IV SD Negeri Sokaraja Lor dan terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi Bangun Ruang dan Jaring-Jaring di kelas IV SD Negeri Sokaraja Lor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM, M.Pd dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Quantum, sikap kerja keras, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Dec 2017 04:10
Last Modified: 27 Dec 2017 04:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6484

Actions (login required)

View Item View Item