UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PERISTIWA ALAM SUB TEMA MUSIM PENGHUJAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS I SD NEGERI 1 KEMBARAN KULON KABUPATEN PURBALINGGA

RATNASARI, LUSI DWI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PERISTIWA ALAM SUB TEMA MUSIM PENGHUJAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS I SD NEGERI 1 KEMBARAN KULON KABUPATEN PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LUSI DWI RATNASARI COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LUSI DWI RATNASARI BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LUSI DWI RATNASARI BAB II.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
LUSI DWI RATNASARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
LUSI DWI RATNASARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LUSI DWI RATNASARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
LUSI DWI RATNASARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada tema peristiwa alam sub tema musim penghujan melalui pendekatan saintifik dan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SD Negeri 1 Kembaran Kulon yang terdiri dari 32 siswa dengan 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan, waktu setiap pembelajaran dilaksanakan selama 5 x 35 menit. Dalam penelitian ini alat yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotorik adalah dengan menggunakan lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotorik. Untuk mengukur hasil belajar siswa ranah kognitif dengan menggunakan soal evaluasi yang diberikan setiap pertemuan pada setiap siklusnya. Selain itu, juga menggunakan lembar penilaian observasi guru dan siswa untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar kognitif siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,42 dengan persentase ketuntasan 62,5% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,39 dengan persentase ketuntasan 81,25%. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 64,37% dan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 82,96%. Sedangkan hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 64,32% dan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 83,48%. Dengan demikian pembelajaran tema peristiwa alam sub tema musim penghujan melalui pendekatan saintifik dan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I SD Negeri 1 Kembaran Kulon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tema Peristiwa Alam Sub tema Musim Penghujan, Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Dec 2017 03:46
Last Modified: 27 Dec 2017 03:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6479

Actions (login required)

View Item View Item