UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN RUANG MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN MEDIA JARING-JARING KUBUS DAN BALOK KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGNANGKA KECAMATAN BUKATEJA

ANGGORO, BAYU SAPTO (2014) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN RUANG MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN MEDIA JARING-JARING KUBUS DAN BALOK KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGNANGKA KECAMATAN BUKATEJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
BAYU SAPTO ANGGORO COVER.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAYU SAPTO ANGGORO BAB I.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAYU SAPTO ANGGORO BAB II.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
BAYU SAPTO ANGGORO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
BAYU SAPTO ANGGORO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] Text
BAYU SAPTO ANGGORO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
BAYU SAPTO ANGGORO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Peningkatan Sikap Percaya Diri dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Ruang Melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Media Jaring-jaring Kubus dan Balok yang telah dilakukan di SD Negeri 1 Karangnangka Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga telah dilaksanakan pada bulan Mei 2014. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangnangka yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 12 Siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dalam II siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan skor sikap percaya diri yaitu 29,01 dan rata-rata sebesar 2,42 dengan kriteria cukup dan nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 62,56 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 72%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan skor rata-rata sikap percaya diri 35,48 dan rata-rata 2,96 dengan kriteria tinggi dan nilai rata-rata prestasi belajar 72,4 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 88%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa metode demonstrasi menggunakan media jaring-jaring kubus dan balok meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Karangnangka Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga pokok bahasan bangun ruang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Percaya Diri, Prestasi Belajar Matematika, Matematika Sekolah Dasar, Alat Peraga Jaring-jaring Kubus dan Balok.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Dec 2017 03:15
Last Modified: 27 Dec 2017 03:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item View Item