PENINGKATANAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD NEGERI 4 BULAKAN

MA’MUROH, INTAN (2014) PENINGKATANAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD NEGERI 4 BULAKAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
INTAN M COVER.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTSN M BAB I.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTAN M BAB II.pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text
INTAN M BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
INTAN M BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
INTAN M BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img]
Preview
Text
INTAN M DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran Bermain Peran dengan menggunakan bantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 4 Bulakan yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/evaluasi dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, analisis datanya secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 7 dan ketuntasan secara klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukan model Pembelajaran Bermain Peran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes/evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I pertemuan I yaitu 77,59 dan kentuntasan secara klasikal 82,76% dan rata-rata siklus I pertemuan II yaitu 79,31 dan ketuntasan secara klasikal adalah 75,86%, jadi nilai rata-rata siklus I yaitu 78,45 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 79,31%, sedangkan pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata yaitu 75,86 dan ketuntasan secara klasikal 89,66% dan siklus II pertemuan II nilai rata-rata yaitu 89,66 dan ketuntasan klasikal 93,11%, jadi nilai rata-rata siklus II yaitu 82,75 dengan ketuntasan klasikal mencapai 91,38%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd, dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Prestasi Belajar; Model Pembelajaran Bermain Peran; IPS;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 27 Dec 2017 01:11
Last Modified: 27 Dec 2017 01:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6455

Actions (login required)

View Item View Item