STUDI DESKRIPTIF PENANGANAN SISWA BERMASALAH KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI SEKOLAH DASAR

PAKERTI, SETYANING (2016) STUDI DESKRIPTIF PENANGANAN SISWA BERMASALAH KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya kasus kekerasan pada anak dalam keluarga menjadi gambaran bahwa lingkungan keluarga belum tentu menjadi lingkungan berlindung yang aman bagi anak-anak. Keluarga terkadang lupa akan kewajiban serta tanggung jawab terhadap anak sehingga anak sering menjadi pelampiasan akan masalah yang terjadi dalam keluarga, sehingga banyak orang tua yang berbuat tidak semestinya kepada anak. Siswa yang mendapatkan perlakuan tidak baik dirumah, akan berpengaruh pada tingkah laku dan hasil belajarnya ketika di sekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan sekolah dalam menangani siswa bermasalah korban kekerasan dalam rumah tangga di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, siswa korban kekerasan dalam rumah tangga di SD N KPC dan SD N KKC, orang tua, pengawas sekolah, dan dinas pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru kelas dalam menangani siswa bermasalah korban kekerasan dalam rumah tangga terbagi menjadi dua, yaitu penanganan pada sikap atau perilaku siswa, dan penanganan dalam bidang akademik. Peran guru dalam menangani sikap atau perilaku siswa bermasalah korban kekerasan dalam rumah tangga; : a) memberikan motivasi kepada siswa bermasalah yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga; b) melakukan komunikasi langsung dengan siswa; c) terapi teman; d) melakukan komunikasi langsung dengan orang tua siswa; e) melakukan kunjungan rumah. Peran guru dalam menangani siswa korban kekerasan dalam rumah tangga pada bidang akademik; a) memberikan semangat; b) tambahan belajar; c) memberikan kemudahan meminjam buku sekolah. Peran sekolah dalam menangani siswa bermaslaah korban kekerasan dalam rumah tangga di sekolah; meliputi a) pendekatan personal; b) pemberian bantuan; c)melakukan komunikasi dengan orang tua; c) menjalin kerja sama dengan dinas pendidikan; d) menjalin kerja sama dengan dinas sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd dan Lia Mareza, M.A
Uncontrolled Keywords: Siswa bermasalah, kekerasan anak dalam rumah tangga, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Dec 2017 04:20
Last Modified: 26 Dec 2017 04:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6440

Actions (login required)

View Item View Item