PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BAGUN RUANG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MERSI

SISWANTI, INTAN GALIH (2014) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BAGUN RUANG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MERSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Intan Galih Siswanti Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Intan Galih Siswanti Bab I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Intan Galih Siswanti Bab II.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
Intan Galih Siswanti Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
Intan Galih Siswanti Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Intan Galih Siswanti Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
Intan Galih Siswanti Daftar Pustaka.pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

Penelitian di SD N 2 Mersi dilatar belakangi oleh rendahnya tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang dan alat peraga bangun ruang.. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana melalui metode demonstrasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Mersi dengan jumlah siswa 25 yang terdiri dari 3 siswa perenpuan dan 12 siswa laki laki. Penelitian ini meripakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanaakan 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan.Prosedur pelaksanaan pada setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil peningkatan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar di peroleh dari angket dan tes evaluasi yang diberikan di setiap akhir siklus. Hasil angket tanggung jawab siswa pada siklus I memperoleh presentase 79,93 % dengan kriteria sikap tanggung jawab siswa baik dan pada siklus II memperoleh presentase sebanyak 89,06 % dengan kriteria tanggung jawab siswa sangat tinggi. Prestasi belajar siswa siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 78,36 % dan siklus II dengan ketuntasan belajar sebesar 88%. Simpulan dari penelitian ini bahwa metodedemonstrasi dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa materi bangun ruang di kelas IV Sekolah Dasar 2 Mersi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: sikap tanggung jawab, prestasi belajar matematika, metode demonstrasi, alat peraga bangun ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 26 Dec 2017 04:02
Last Modified: 26 Dec 2017 04:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6434

Actions (login required)

View Item View Item