UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)DI KELAS V SD NEGERI 1 TAJUG

PURWOKO, TEGUH (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)DI KELAS V SD NEGERI 1 TAJUG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (797kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tajug pada mata pelajaran IPA materi sifat - sifat cahaya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) . Subyek dalam penelitian berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki - laki dan 17 siswa perempuan. Tindakan dilakukan 2 siklus, satu siklus terdiri dari 2 pertemuan, dan 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran (2x35 menit). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data sikap percaya diri siswa diperoleh dari angket sikap percaya diri, prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi, sedangkan observasi guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Hasil penel itian, sikap percaya diri siswa pada siklus I diperoleh rata - rata 2,89 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil angket sikap percaya diri siswa siklus II diperoleh rata - rata 3,33 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil belajar pada siklus I diperol eh nilai rata - rata nilai 76,42 dan ketuntasan mencapai 78,57% dengan kriteria baik. Hasil prestasi belajar siklus II diperoleh rata - rata 80,35 dan ketuntasan mencapai 89,28% dengan kriteria sangat baik. Hasil ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelaja ran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Tajug materi sifat - sifat cahaya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap Percaya Diri, Prestasi Belajar, Numbered Head Together (NHT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Dec 2017 03:05
Last Modified: 26 Dec 2017 03:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6424

Actions (login required)

View Item View Item