PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X TKR 3 SMK N 1 PUNGGELAN

PRAMITA, MELINA INDAH (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X TKR 3 SMK N 1 PUNGGELAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas X TKR 3 SMK Negeri 1 Punggelan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pokok bahasan logika matematika. Subjek penelitian dil aksanakan pada siswa kelas X TKR 3 SMK Negeri 1 Punggelan tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 33 siswa laki -laki dan 2 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana s etiap siklus diadakan 3 kali pertemuan, 2 kali pembelajaran dan 1 kali evaluasi. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tinadakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep matematika dala m penelitian ini menggunakan lembar angket motivasi dan evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata -rata motivasi belajar pad a siklus I sebesar 65,1 dengan kriteria cukup termo tivasi. Dan siklus II sebesar 66,6 denga n kriteria cukup termotivasi kem udian pada siklus III sebesar 78 ,5 dengan kriteria termotivasi. Sedangkan nilai rata -rata pemahaman konsep matematika siklus I sebesar 64 de ngan ketuntasan belajarnya 37,1 %. Dan pada siklus II diperoleh nilai rata -rat a 68,8 dengan ketuntasan belajarnya 71,4 %, kemudian pada siklus III diperoleh nilai rata -rata 75,9 dengan ketuntasan belajarnya 94,3 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan motivasi be lajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa kelas X TKR 3 SMK N 1 Punggelan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kusno, M. Pd., dan Drs. Joko Purwanto, M. Si.,
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, pemahaman konsep, group investigation .
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Dec 2017 01:33
Last Modified: 26 Dec 2017 01:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6418

Actions (login required)

View Item View Item