PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS APLIKASI ADOBE FLASH CC 2015 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V DI SEKOLAH DASAR

WARDANA, HANDOKO AJI (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS APLIKASI ADOBE FLASH CC 2015 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (830kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk m engembang an multimedia berbasis aplikasi adobe flash cc 2015 pada pembelajaran tematik integratif subtema manusia dan lingkungan kelas V di S e kolah D asar . Subjek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas V SDN Pengabean 02 di Kabupaten Brebes. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan dikelompokkan menjadi e mpat langkah, yaitu: (a) eksplorasi, (b) pengembangan produk, (c) uji coba produk dan revisi, dan (d) pemanfaatan. Subjek uji coba lapangan awa l adalah 4 peserta didik kelas V SDN Pengabean 02 . Subjek uji coba lapangan terdi ri dari 15 peserta didik kelas V SDN Pengabean 02 . Subjek uji pelaksanaan lapangan pada kelas eksperimen seba nyak 21 peserta didik kelas V SDN Pengabean 02 da n pada kelas kontrol sebanyak 20 peserta didik kelas V SDN Pengabean 02 . Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar ev alu asi produk multimedia pembelajaran , lembar angket respon guru, lembar angket respon peserta didik, dan soal tes. Analisis data menggunakan independent sample t - test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunju kkan bahwa multimedia pembela jaran yang dikembangkan menurut ahli materi berkategori “baik” dan ahli media berkategori “sangat baik”. Multimedia pembelajaran tersebut memiliki daya tarik untuk peserta did ik dari peningkatan presentase 80% pada uji lapangan awal dan presentase 93,33% pada uji coba lapangan . Terdapat perbedaan hasil akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah m enggunakan multimedia pembelajaran p < 0,05 yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan p = 0,044 .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M. Si., dan Yudha Febrianta, M. Or .
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Adobe Flash, Tematik Integratif .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Dec 2017 01:20
Last Modified: 26 Dec 2017 01:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6416

Actions (login required)

View Item View Item