PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI LARANGAN

FIRDAUS, ANGGITA NUR AULIA (2014) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI LARANGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai pemecahan masalah matematika sangat penting dilakukan, karena banyaknya siswa yang mengeluhkan bahwa soal cerita itu sulit untuk dipecahkan. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model probem based learning terhadap kemandirian dan prestasi belajar Matematika. Model problem based learning adalah model yang mengajak siswa untuk memahami pada pemecahan masalah secara mandiri. Metode pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. SD N Larangan digunakan sebagai tempat penelitian ini. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa di SD N Larangan tahun ajaran 2013/2014. Cara yang digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data untuk kemandirian siswa me nggunakan angket, sedangkan teknik pengambilan data untuk prestasi belajar dengan menggunakan soal post tes. Materi pelajaran yang digunakan pada penelitian ini yaitu materi pemecahan masalah yang berkaitan dengan bilangan. Pada peneltian ini dianalisis me nggunakan uji mann whitney. Uji mann whitney digunakan untuk menguji signifikansi hipotesis komparatif 2 sampel independen data ordinal. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh yaitu (1) pada kemandirian siswa Ho diterima dan Ha ditolak, berarti model problem based learning ini tidak memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemandirian siswa Kelas V di SD N Larangan ini. (2) berdasarkan hipotesis yang telah dilakukan pada prestasi belajar siswa yaitu Ho ditolak dan Ha diterima, berarti model problem based learning memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi belajar siswa KelasV di SD N Larangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd., dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si,,
Uncontrolled Keywords: model problem based learning, kemandirian, prestasi belajar, Uji Mann Whitney
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Dec 2017 00:11
Last Modified: 26 Dec 2017 00:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6413

Actions (login required)

View Item View Item