MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI ATMOSFER KELAS X4 SMA NEGERI 1 SOKARAJA

SARI, SHINTA PURWITA (2012) MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI ATMOSFER KELAS X4 SMA NEGERI 1 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SHINTA PURWITA SARI COVER.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SHINTA PURWITA SARI BAB I.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SHINTA PURWITA SARI BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
SHINTA PURWITA SARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
SHINTA PURWITA SARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
SHINTA PURWITA SARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img]
Preview
Text
SHINTA PURWITA SARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
SHINTA PURWITA SARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization Pada Materi Atmosfer Kelas X4 SMA Negeri 1 Sokaraja. FKIP. UMP. 2012. Bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran geografi materi Atmosfer dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Sokaraja yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan waktunya 2x45 menit. Setiap sikus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi keterlibatan siswa, serta soal tes. Hasil penelitian aktivitas guru mengalami peningakatan persentase pada siklus I sebesar 56,12% meningkat pada siklus II sebesar 74,25%. Nilai rata-rata keterlibatan siswa pada siklus I sebesar 59,52% meningkat pada siklus II sebesar 71,42%. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 69,75 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 56,055% dan nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus II sebesar 86,66 dengan ketuntasan belajar sebesar 86,355%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Pembelajaran geografi dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatan keterlibatan siswa, (2) Pembelajaran geografi dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sumadi Sutrijat, M. Pd dan Drs. Sutomo, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Siswa, Team Assisted Individualization, dan Prestasi Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Dec 2017 07:27
Last Modified: 23 Dec 2017 07:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6406

Actions (login required)

View Item View Item