PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I RAWALO

WAHYUNI, SEPTI (2013) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SEPTI WAHYUNI COVER.pdf

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SEPTI WAHYUNI BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SEPTI WAHYUNI BAB II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
SEPTI WAHYUNI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
SEPTI WAHYUNI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
SEPTI WAHYUNI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
SEPTI WAHYUNI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
SEPTI WAHYUNI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII G SMP Negeri I Rawalo dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dalam 3 siklus. Setiap siklusnya terdapat perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri I Rawalo yang terdiri dari 34 siswa.Untuk memperoleh data kemandirian belajar siswa yaitu menggunakan angket kemandirian belajar sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar matematika menggunakan tes evaluasiyang diberikan pada setip akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 2,89 pada siklus I menjadi 2,98 pada siklus II dan dari siklus II nilai rata-rata menjadi 3,01 pada siklus III. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 66,03 siklus I menjadi 71,93 pada siklus II dan dari siklus II nilai rata-rata menjadi 81,08 pada siklus III. Berdasarkan data-data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII G SMP Negeri I Rawalo pada pokok bahasan segiempat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M. Pd. dan Drs. JokoPurwanto, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Matematika, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Dec 2017 07:20
Last Modified: 23 Dec 2017 07:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6405

Actions (login required)

View Item View Item