UPAYA MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MARGASANA

AZIZAH, NUR AINI (2014) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MARGASANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NUR AINI AZIZAH COVER.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR AINI AZIZAH BAB I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR AINI AZIZAH BAB II.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
NUR AINI AZIZAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
NUR AINI AZIZAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
NUR AINI AZIZAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
NUR AINI AZIZAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran VCT Tipe Percontohan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Margasana yang berjumlah 28, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Tahapan pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes dan non tes. Instrumen tes yaitu berupa soal evaluasi, sedangkan non tes berupa angket, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran VCT Tipe Percontohan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya sikap rasa ingin tahu siswa, dapat ditunjukkan pada hasil angket rasa ingin tahu siklus I 70% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II 83,83% dengan kriteria baik serta meningkatnya prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dengan nilai evaluasi siklus I rata-rata 66,42 dan pada siklus II rata-rata 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran VCT Tipe Percontohan dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Margasana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Enuh Zainuddin, M.A. dan Santhy Hawanti, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: sikap rasa ingin tahu, prestasi belajar, model VCT Tipe Percontohan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Dec 2017 06:38
Last Modified: 23 Dec 2017 06:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6397

Actions (login required)

View Item View Item