UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL Team Assisted Individualization (TAI) PADA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMIDANBENDA LANGITMATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 ADISARA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

AZHARI, LUQMAN (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL Team Assisted Individualization (TAI) PADA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMIDANBENDA LANGITMATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 ADISARA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LUQMAN AZHARI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LUQMAN AZHARI BAB I.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LUQMAN AZHARI BAB II.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LUQMAN AZHARI BAB II.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
LUQMAN AZHARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
LUQMAN AZHARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
LUQMAN AZHARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
LUQMAN AZHARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Adisara kelas IV yang berjumlah 29 terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Alat pengumpulan data penelitian pada aspek kognitif yaitu berupa lembar angket dan lembar observasi untuk melihat aktifitas guru dan Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 73,7% dan Siklus II 88,4%. Berdasarkan hasil penelitian dengan memberikan angket respon siswa terhadap model pembelajaran, respon siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 24,9 dengan presentase 73,7% pada siklus II diperoleh rata-rata 35,3 dengan presentase 88,4%. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh 77,5% dan pada siklus II 95%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa materi Perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Enuh Zainuddin, M.A dan Cicih Wiarsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Prestasi Belajar, IPA, Model pembelajaran TAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Dec 2017 04:20
Last Modified: 23 Dec 2017 04:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6392

Actions (login required)

View Item View Item