PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MENGUMPULKAN DAN MENGOLAH DATA DI KELAS VI SD NEGERI 1 BABAKAN

FIRDHAUSI, GITA AMALIA (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MENGUMPULKAN DAN MENGOLAH DATA DI KELAS VI SD NEGERI 1 BABAKAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Gita Amalia Firdhausi_JUDUL.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Gita Amalia Firdhausi_BAB I.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Gita Amalia Firdhausi_BAB II.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
Gita Amalia Firdhausi_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
Gita Amalia Firdhausi_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Gita Amalia Firdhausi_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
Gita Amalia Firdhausi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
Gita Amalia Firdhausi_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor melalui model pembelajaran berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI B SD Negeri 1 Babakan yang berjumlah 25 orang siswa, terdiri dari 18 laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dua pertemuan yang pada masing–masing pertemuan membutuhkan alokasi waktu 3 x 35 menit. Pada setiap akhir siklus terdapat evaluasi dengan menggunakan lembar evaluasi berupa tes tertulis. Data yang diperoleh diambil dari lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi afektif, dan lembar observasi psikomotor siswa. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh dari tes tertulis. Hasil belajar siswa dapat ditunjukkan dari perolehan skor atau nilai dari setiap ranah. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar 80%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88%. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar 62,33%, siklus II meningkat menjadi 85,50%. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I diperoleh presentase ketuntasan sebesar 63,23%, dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 86,20%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi mengumpulkan dan mengolah data melalui model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Babakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Subuh Anggoro, S.Pi., M.Pi.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Matematika, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 23 Dec 2017 03:46
Last Modified: 23 Dec 2017 03:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6387

Actions (login required)

View Item View Item