PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH RAWALO

SETIANINGSIH, FENI RIANTI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Feni Rianti Setianingsih_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Feni Rianti Setianingsih_BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Feni Rianti Setianingsih_BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
Feni Rianti Setianingsih_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
Feni Rianti Setianingsih_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
Feni Rianti Setianingsih_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
Feni Rianti Setianingsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
Feni Rianti Setianingsih_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Subyek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Rawalo dengan jumlah 25 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yaitu setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. prosedur penelitian pada setiap siklus meliputi, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk mendapatkan data hasil belajar diperoleh dari ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Data pada ranah kognitif diperoleh dari tes evaluasi atau kuis akhir siklus. Untuk data ranah afektif dan ranah psikomotor menggunakan lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa ranah kognitif diperoleh rata-rata keseluruhan siklus I yaitu 77,09 dengan persentase ketuntasan 80,9%, pada siklus II rata-rata keseluruhannya yaitu 79,4 dengan persentase ketuntasan 85,71%. Hasil belajar ranah afektif silus I memperoleh rata-rata skor keseluruhan 17,4 dengan jumlah persentase keseluruhan 72,61%, pada siklus II memperoleh rata-rata skor keseluruhan 19,1 dengan jumlah persentase keseluruhan yaitu 79,9%. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I memperoleh rata-rata skor keseluruhan 6,3 dengan jumlah persentase keseluruhan sebanyak 70,37%, pada siklus II rata-rata skor keseluruhannya 6,5 dengan jumlah persentase keseluruhan sebanyak 72,48%. Dari ketiga ranah tersebut diperoleh data hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas 73,3 dengan persentase ketuntasan sebanyak 71,42%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 77,2 dengan persentase ketuntasan sebanyak 90,47%. Berdasarkan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe Two Stay two Stray (TSTS) sudah mencapai target persentase ketuntasan yaitu 75% dengan hasil yang diperoleh sebanyak 90,47%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mustolikh, M.Si. dan Dr. Sigid Sriwanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS Terpadu, Two Stay Two Stray (TSTS)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 23 Dec 2017 01:44
Last Modified: 23 Dec 2017 01:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6374

Actions (login required)

View Item View Item