ANALISIS WACANA PERSUASIF DALAM IKLAN BARANG ELEKTRONIK PADA SURAT KABAR SUARA MERDEKA

VERIYANI, ETI (2011) ANALISIS WACANA PERSUASIF DALAM IKLAN BARANG ELEKTRONIK PADA SURAT KABAR SUARA MERDEKA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Eti Veriyani_JUDUL.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eti Veriyani_BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eti Veriyani_BAB II.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
Eti Veriyani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
Eti Veriyani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
Eti Veriyani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
Eti Veriyani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
Eti Veriyani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis Wacana Persuasif dalam Iklan Barang Elektronik pada Surat Kabar Suara Merdeka bertujuan untuk (1) mendeskripsikan teknik-teknik persuasi (rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, dan pengantian); (2) mendeskripsikan bentuk tindak tutur (lokusi, ilokusi, dan perlokusi); (3) mendeskripsikan aspek dan efek komunikasi (aspek berupa fisik, aspek psikologi, aspek sosial, dan aspek waktu) yang terdapat pada wacana persuasif dalam iklan barang elektronik pada surat kabar Suara Merdeka. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini adalah kalimat-kalimat dalam iklan barang elektronik pada surat kabar Suara Merdeka. Sumber data dalam penelitian ini adalah surat kabar Suara Merdeka yang terbit pada September 2010, Oktober 2010, Desember 2010, Januari 2011, Februari 2011, dan April 2011. Penelitian ini menggunakan tiga tahap penelitian yaitu: penyediaan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data. Tahap penyediaan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjutannya menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik catat. Selain itu, menggunakan metode cakap dengan teknik dasar teknik pancing, teknik lanjutannya adalah teknik Cakap Semuka (SC), dan teknik catat.Tahap penganalisisan data menggunakan metode padan referensial. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutannya yaitu teknik Hubung Banding Menyamakan (HBS) dan teknik Hubung Banding Memperbedakan (HBB). Selain itu, menggunakan metode padan pragmatis. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutannya yaitu teknik Hubung Banding Menyamakan (HBS) dan teknik Hubung Banding Memperbedakan (HBB). Metode padan pragmatis diterapkan pada wacana untuk menganalisis bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Tahap penyajian data menggunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian analisis wacana persuasif dalam iklan barang elektronik pada surat kabar Suara Merdeka mencakup: (1) teknik-teknik persuasif meliputi: teknik rasionalisasi (20 data/24,6%), teknik identifikasi (19 data/23,4%), teknik sugesti (11 data/13,5%), teknik konformitas (9 data/11,1%), teknik kompensasi (14 data/17,2 %), dan teknik penggantian (8 data/9,8%); (2) semua data yang ditemukan oleh peneliti sudah memenuhi bentuk tindak tutur (lokusi, ilokusi, dan perlokusi) secara lengkap; dan (3) aspek komunikasi meliputi: aspek fisik (20 data/47,6%), aspek psikologi (1 data/ 2,3%), aspek sosial (1 data/2,3%), dan aspek waktu (20 data/47,6%) sedangkan efek positif (5 data/25%) dan efek negatif (15 data/ 75%).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kuntoro, M.Hum. dan Dra. Hj. Tutut Tugiati, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Wacana Persuasif, Iklan, Barang Elektronik, Surat Kabar Suara Merdeka
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 23 Dec 2017 01:38
Last Modified: 23 Dec 2017 01:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6373

Actions (login required)

View Item View Item