PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS TERHADAP SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 KROYA

HARTINI, SRI (2014) PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS TERHADAP SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 KROYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Sri Hartini_JUDUL.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sri Hartini_BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sri Hartini_BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
Sri Hartini_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
Sri Hartini_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
Sri Hartini_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
Sri Hartini_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
Sri Hartini_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu misi dari Pendidikan Kewarganegaraan adalah sebagai pendidikan hukum, sehingga Pendidikan Kewarganegaraan sangat besar perannya dalam pembinaan sikap dan perilaku, serta penanaman kesadaran hukum siswa yaitu terkait kesadaran mematuhi peraturan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya menanamkan kesadaran hukum berlalu lintas terhadap siswa SMP N 5 Kroya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data (dâta reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclution drawing and verification). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya menanamkan kesadaran hukum berlalu lintas terhadap siswa SMP N 5 Kroya kurang berjalan dengan baik, kesadaran hukum siswa dapat dikatakan masih rendah karena disebabkan oleh kendala-kendala seperti kurangnya pemahaman siswa tentang peraturan lalu lintas dan dukungan dari orang tua yang memberikan fasilitas berupa sepeda motor agar siswa tidak telat berangkat sekolah, serta masyarakat yang memberikan fasilitas berupa tempat parkir sehingga siswa berani untuk melanggar tata tertib sekolah. Upaya yang dilakukan dalam menanamkan kesadaran hukum siswa yaitu melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan menyisipkan materi hukum terkait ketertiban lalu lintas dalam kegiatan pembelajaran, sosialisasi tentang peraturan atau tata tertib dan kerjasama dengan instansi-instansi terkait agar siswa memiliki sikap dan perilaku yang taat dan patuh terhadap hukum.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M. dan Wildan Nurul Fajar, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Kesadaran Hukum, Siswa
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 23 Dec 2017 01:12
Last Modified: 23 Dec 2017 01:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item