PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT -SIFATNYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD N 1 KENITEN

LISTIANINGRUM, (2013) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT -SIFATNYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD N 1 KENITEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LISTIANINGRUM - COVER.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISTIANINGRUM - BAB I.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISTIANINGRUM - BAB II.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISTIANINGRUM - BAB III.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISTIANINGRUM - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISTIANINGRUM - DAFTAr pustaka.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISTIANINGRUM -LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISTIANINGRUM - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kerja keras dan prestasi belajar siswa menjadi permasalahan utama di kelas V SD Negeri 1 Keniten. Beberapa penyebab rendahnya kerja keras dan prestasi belajar antara lain pemanfaatan dan pemberdayaan alat peraga dalam pembelajaran IPA belum optimal, m etode pembelajaran yang diterapkan masih membuat siswa kurang aktif, s iswa merasa cepa t jenuh mengikuti pelajaran IPA, siswa kurang berani menyampaikan pendapat dan kurang berani bertanya materi pelajaran yang belum dikuasai , diskusi kelompok masih m engandalkan teman, siswa kurang kerja keras dalam mencari penyelesaian jawaban soal yang diberikan guru. Penelitian dilakukan sebagai upaya pemecahan masalah yang ada menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing -masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata -rata dari sik lus I ke siklus II dengan perolehan rata -rata siklus I yaitu 25,16 kriteria tinggi dan perolehan rata -rata kerja keras pada siklus II yaitu 31,04 kriteria sangat tinggi. Data tersebut menyatakan bahwa adanya peningkatan perolehan rata -rata kerja keras dari siklus I ke siklus II sebesar 5,88. Hasil prestasi belajar dibuktikan dengan hasil rata -rata pada siklus I diperoleh rata -rata 68 dengan persentase ketuntasan belajar 68% kriteria cukup baik dan pada siklus II diperoleh rata -rata 85,4 dengan persentase ke tuntasan belajar 88% kriteria sangat baik. Simpulan dari hasil uraian yang sudah dijelaskan tersebut, bahwa penggunaan M etode Eksperimen dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Keniten .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1./ Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. 2.Drs. Enuh Zainuddin, M. A.
Uncontrolled Keywords: Kerja keras, Prestasi Belajar IPA, Metode Eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:51
Last Modified: 22 Dec 2017 02:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6366

Actions (login required)

View Item View Item