PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA SISWA KELAS VIII SMP PGRI PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HERYANDI, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA SISWA KELAS VIII SMP PGRI PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HERYANDI - COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HERYANDI - BAB II.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HERYANDI - BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HERYANDI - BAB II.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
HERYANDI - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
HERYANDI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)

Abstract

Penelitian berjudul Perbedaan Prestasi Belajar IPS Geografi Melalui Model Pembelajaran Group Investigation . Bertujuan untuk mengetahui perbedaan, antara prestasi belajar geografi pada siswa yang diajarkan dengan model group investigation dan yang diajarkan dengan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP PGRI Purwojati. Penelitian eksperimen ( experimental research) yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen diajarkan dengan menggunakan model group investigation , sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan model ceramah . Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP PGRI Pur wojati . Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sample . Sampel penelitian 20 orang siswa kelas VIII, 10 sebagai k elompok eksperimen dan 10 siswa kelas V III sebagai kelompok kontrol yang memiliki kesamaan nilai rapor mata pelajaran Geografi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes dianalisis dengan perhitung an indeks kesukaran, dan perhitungan daya pembeda. Dari 40 so al diperoleh 30 soal yang valid. Analisis data dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah uji normalitas data dengan menggunakan uji Lo<L hitung dan uji homogenitas data dengan menggunakan uji varians. Tahap kedua adalah uji perbedaandua rata -rata dengan menggunak an Ho ditolakdan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan akhir (post tes) kedua sampel setelah mendapatkan tindakan. Rata-rata hasil post tes kelompok eksperimen 85,40 dengan varians 7,75 dan nilai tertinggi 60,04 sedangkan, rata-rata hasil post tes kelompok kontrol 79,10 varians 5,70,dan nilai tertinggi 32,5444 Uji t pihak kanan dengan taraf signifikansi 5% dan dk= 18 diperoleh harga t tabel = 1,73 sedangkan berdasarkan analisis yang dihitung diperoleh t hitung = 2,070. Dari hasil pengujian uji t diperoleh t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya prestasi belajar siswa dengan pembelajaran group investigation lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ceramah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Dr. Sig id Sriwanto, M.Si, 2. H. Suwarsito, S.Pi.,M.Si,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Group Investigation, dan Prestasi Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:16
Last Modified: 22 Dec 2017 02:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item