PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 1 KALIBAGOR

SAPUTRI,, ANGGI (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 1 KALIBAGOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ANGGI SAPUTRI.... COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANGGI SAPUTRI.... BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANGGI SAPUTRI ... BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
ANGGI SAPUTRI ... BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
ANGGI SAPUTRI ... BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ANGGI SAPUTRI ... BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img]
Preview
Text
ANGGI SAPUTRI ... DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
ANGGI SAPUTRI ... LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Instruction. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalibagor dengan jumlah 18 siswa laki -laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masin g- masing siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap 1 siklus terdiri dari tahap perenncanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembejaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan rata- rata total skor kemampuan pemecahan masalah matematika. Pada siklus I rata- rata total skor kemampuan pemecahan masalah matematika adalah 14,21 dengan kriteria “Baik” dan pada siklus II rata -rata total skor kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 16,69 dengan kriteria “Sangat Baik”. H asil rata -rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I yaitu sebesa r 71,03, sedangkan pada siklus II menjadi sebesar 83,51. Selain itu, ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 51,40% menjadi 89,19% pada siklus II

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Santhy Hawanti, Ph.D, Drs. H. Enuh Zaenuddin, M.A,
Uncontrolled Keywords: kemampuan, pemecahan m asalah matematika, model pembelajaran Prob lem Based Instruction PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN.....ANGGI SAPUTRI, FKIP UMP 2014
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 22 Dec 2017 00:49
Last Modified: 22 Dec 2017 00:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6353

Actions (login required)

View Item View Item